Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Badai Laurence Picu Longsor & Banjir di NTT

Hujan lebat yang mengguyur Kota Kupang sejak Selasa hingga Rabu siang mengakibatkan sebuah rumah ambruk tertimbun longsor dan ratusan rumah lainnya terancam roboh.
Rumah milik Haji Aba yang terletak di RT 7 RW III Kelurahan Air Mata, Kecamatan Kecamatan Kelapa Lima tersebut ambruk setelah pagar penahan longsor yang dibangun melalui program pengembangan kawasan perkotaan (P2KP) Kota Kupang, tahun 2009 jebol akibat luapan banjir.
Selain itu, kawasan pemukiman di Kelurahan Tuak Daun Merah, Kelurahan Oebufu, Kelurahan Oesapa dan Bakunase digenangi air setinggi lebih dari 0,5 meter.
Diperkirakan lebih dari 400 rumah di empat kelurahan itu mengalami kerusakan ringan akibat luapan banjir. Koordinator Taruna Siaga Bencana NTT, Slamet Abubakar di Kupang mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi warga dilokasi rawan longsor, guna menghindari terjadinya longsor susulan.
Sejumlah warga Kota Kupang, mengeluhkan buruknya drainase yang mengakibatkan terjadinya banjir setiap tahun. “Penataan kota sangat buruk, sehingga banjir terus terjadi setiap tahun,” ujar Lorens Adoe, warga Kelurahan Bakunase, Rabu 16 Desember 2009.
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Meteorologi Lasiana Kupang, mengeluarkan imbauan kepada warga agar mewaspadai badai siklon tropis Laurence yang kini melanda sebagian Timor barat. Badai siklon Laurence berpotensi menimbulkan gelombang laut diatas tiga meter sehingga membahayakan pelayaran di sekitar perairan NTT.
“Saat ini, gelombang laut mencapai dua sampai tiga meter,” ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, Apolinaris S. Geru.
Menurutnya, dampak dari adanya siklon tropis Laurence tersebut, antara lain terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Badai tersebut muncul akibat pertumbuhan awan konvektif seperti awan cumulonimbus.
“Saat ini, hujan terukur mencapai lebih dari 28 m. Badai Laurence terjadi akibat adanya tekanan rendah (low pressure area) di utara Australia atau di selatan Laut Timor. Sel tekanan rendah ini akhirnya berkembang menjadi Siklon Tropis Laurence sejak Minggu dengan tekanan udara 996 mb dan kecepatan angin maksimum 66 knots (119 km/jam) di sekitar pusatnya,” kata Apolinaris.
Diperkirakan, badai siklon tropis Laurence bertahan hingga pekan depan.
Buruknya cuaca dalam dua hari terakhir di Kupang, juga mengakibatkan sejumlah maskapai membatalkan penerbangan ke Kupang. Pesawat Merpati dengan nomor penerbangan MZ 644 dan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 438 rute Jakarta-Denpasar-Kupang batal mendarat di Bandar Udara Eltari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa akibat cuaca buruk.
Menara control bandara akhirnya meminta pilot dua maskapai penerbangan itu untuk kembali mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali. “Pesawat Garuda sempat berputar-putar di udara, tapi akhirnya kembali ke Denpasar. Jarak pandang amat dekat sehingga berbahaya untuk pendaratan,” kata Duty Manager Bandar Udara El Tari Kupang Zaenal Ismael. Vivanews

16 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: