Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Hasil Tes CPNS Kediri Dimanipulasi?

KEDIRI – Banyak jalan menuju Roma, itu kata pepatah untuk orang yang tidak mau menyerah begitu saja, saat niatnya belum tercapai pada suatu kepentingan. Nah, mungkin berpegang pada pepatah itu lah beberapa oknum (atau semua) penyelengara ujian tulis CPNS 2009 yang digelar Pemkot Kediri, memanfaatkan berbagai cara untuk meloloskan targetnya. Hal ini dibuktikan dengan penemuan amplop pembungkus soal ujian yang tidak tersegel dengan benar.
Anggota Komisi Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD setempat, Ardian Sayugo lah yang melontarkan kecurigaan itu berdasarkan penemuan dia di lokasi ujian SMAN VII dan SMPN IV saat digelar ujian gelombang II itu, yang diindikasikan sebagai bentuk kecurangan.
Oleh karena itu, politisi dari Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) ini mengaku langsung mengabadikan kejanggalan tersebut melalui jepretan kameranya. “Harusnya semua tersegel rapi. Dan saya sudah memotretnya untuk menjadi barang bukti,” ujarnya kepada wartawan.

Dalam foto hasil jepretannya, terlihat bagaimana amplop pembungkus soal hanya ditutup isolasi putih. Ada kesan pembungkus lembaran soal pernah dibuka. Apalagi Badan Kepegawaian Daerah Kota Kediri ketika dikonfirmasi menolak menjelaskan hal itu.
Bahkan undangan resmi yang disampaikan Komisi Bidang Hukum dan pemerintahan tidak ditanggapi positif. Bagi Ardian, keberadaan alat bukti, termasuk indikasi lain di sekitarnya, menguatkan dugaan adanya manipulasi dalam proses rekrutmen.

Jika hal itu benar adanya, legislatif akan mempersoalkan hasil tes yang telah meloloskan 443 CPNS sebagai pegawai baru. Dewan juga mempersoalkan sikap panitia rekruitmen yang tidak pernah meminta pertimbangan Dewan. Bahkan pemilihan PT Lappi dari Institut Teknologi Bandung sebagai pembuat soal, telah mengabaikan dewan. “Kita akan usut hal ini hingga tuntas,” tegas Ardian.
Humas Pemkot Kediri Nurmuhyar saat dikonfirmasi terpisah menolak memberikan keterangan. Dia hanya berjanji akan meminta penjelasan kepada Wali Kota dan Badan Kepegawaian Daerah dulu. “Saya tidak berani mengeluarkan pernyataan tanpa koordinasi dulu,” ujarnya.
Sementara berdasarkan infromasi yang dihimpun, Kepolisian Resor Kota Kediri tengah membentuk tim khusus untuk menyelidiki dugaan manipulasi penerimaan CPNS Kota Kediri. Sebab ada informasi hasil penilaian yang diumumkan BKD tidak sesuai dengan yang dikeluarkan ITB. Okezone

15 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Selama ini manipulatif telah menjadi rahasia umum dalam proses cpns-dari hilir hingga hulu-semua tenang-tenang saja. Lalu kali ini ribut, apakah ardian sayugo dari pkpb itu tidak kebagian jatah ya?

    Komentar oleh Anonim | 17 Desember 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: