Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Pakar Universitas Muhammadiyah: Jilbab Cegah Penyakit Kulit dan Perkosaan


YOGYAKARTA – Jilbab berguna bagi kesehatan, terutama mencegah munculnya penyakit dan kelainan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, kata pakar ilmu kesehatan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Warih Andan Puspitosari.

“Sinar matahari dapat menimbulkan berbagai kelainan kulit, seperti sunburn (kulit merah-merah), solar keratosis, solar urticaria, photosensitivity, dan kanker kulit,” katanya di Yogyakarta.
Menurut dia, jilbab berguna untuk menutupi kulit untuk meminimalkan sapuan sinar matahari di kulit. Apalagi, sekarang lapisan ozon semakin menipis akibat pemanasan global.
“Kondisi itu menyebabkan sinar ultraviolet memiliki potensi lebih besar untuk mengenai kulit secara langsung tanpa disaring terlebih dulu oleh lapisan ozon,” kata dosen Fakultas Kedokteran UMY itu.
Ia mengatakan, berjilbab juga bisa melindungi para muslimah dari berbagai pelecehan seksual. Saat ini kasus kekerasan dan pelecehan seksual di kalangan remaja cukup memprihatinkan.
“Data dari Rifka Annisa menunjukkan, pada remaja berusia 12-21 tahun telah terjadi 137 kasus kekerasan dalam pacaran, 44 kasus pelecehan seksual, dan 78 kasus pemerkosaan,” katanya.
Selain itu, berdasarkan data konseling PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2007, angka kehamilan tidak diinginkan pada usia SMP sampai perguruan tinggi mencapai 430 kasus.
Berdasarkan data memprihatinkan tersebut, menurut dia, Muslimah diharapkan memakai jilbab agar terhindar dari berbagai pelecehan seksual. Bahkan, mereka akan dihargai oleh orang-orang di lingkungannya.
“Kaum Muslimah jangan takut berjilbab. Berjilbab tidak akan menghambat aktivitas, apalagi pada zaman sekarang, di mana kaum muslimah diberikan kebebasan memakai jilbab dengan berbagai model, berbeda dengan beberapa tahun lalu,” katanya. Kompas/Ant

14 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , ,

4 Komentar »

  1. Saat sebelum membaca artikel ini, aku kira ini benar-benar dari pakar kesehatan, eh, tak tau-nya cuma kampanye jilbab! Yang benar soal kulit adalah bahwa kulit kita sangat membutuhkan sinar matahari. Anda tanya pakar nya, apa akibatnya bila kulit tidak terkena matahari (tapi jangan jangan tanya pakar-pakaran Universitas Muhammadiyah yang rendah sdm-nya seperti di artikel ini!). Soal kebanyakan kena matahari, siapa sih yang mau? Jadi soal wajib setiap detik pake jilbab tidak ada korelasinya dengan kesehatan kulit. Kulit kita adalah sel yang hidup, dia mampu beradaptasi tanpa di atur. Soal wajib karena takut matahari, mengapa hanya pada wanita saja, lelaki juga wajib dong! Kenapa lelaki tidak mau pakai, ribet ya? Jadi alasan yang mengada-ada saja soal matahari. Soal menimbulkan nafsu birahi juga bisa saja karena dengan jilbab serta pakaian muslim lainnya itu akan melahirkan fantasi tanpa batas, akibatnya terjadilah kawin-kawinan seperti di negara-negara muslim (prostitusi atas nama Allah) serta kejahatan seks seperti pelecehan atau pemerkosaan kayak di negara-negara muslim itu (tanya para tkw yg di arab sana), coba bandingkan dengan di negara-segara Eropa!!

    Komentar oleh karno | 14 Desember 2009 | Balas

  2. Wow, komentar karno pas tuh, mantap!

    Komentar oleh Ila | 14 Desember 2009 | Balas

  3. Memang terkesan mengada-ada saja kalau orang sudah kecanduan sesuatu. Salah bisa benar, benar bisa jadi salah! Saya juga sependapat dengan Karno. Cuma saya mau tambahkan bahwa jilbab itu adalah lambang hegemoni laki-laki di Arab sana sejak jaman dulu, saat dimana lelaki ini menganggap wanita adalah alat pemuas seks pribadi pemiliknya belaka. Oleh karenanya secara picik harus dikurung di rumah. Kalau terpaksa harus keluar rumah ya dicari cara lain untuk mengurung pemuas syahwat mereka ini maka dipakailah busana yang bisa mengurung miliknya itu. Selain itu bawaan mereka ya nafsu melulu sehingga setiap orang dianggap sama yakni nafsu semata bila memandang wanita. Buktinya para lelaki boleh memiliki isteri lebih dari satu. Dari memiliki isteri lebih dari satu yang tertuang dalam adat bahkan perintah Tuhan mereka serta mengkerudungkan wanita, kita suda menduga apa sebenarnya isi otak mereka. Makanya jangan heran mereka sangat tertinggal sdmnya. Sementara tingkat kejahatan seksual para lelaki disana rambu tinggi.

    Komentar oleh Anonim | 15 Desember 2009 | Balas

  4. mengenakan jilbab disamping mencegah penyakit, juga anjuran Allah untuk menutup aurat.
    dan ALlah sangat melarang keras kita membuka aurat

    @ riko zatia, semua pasti sependapat, bahwa aurat mesti ditutupi (apalagi kalo jelek) cuma definisi aurat itulah yang menyebabkan orang berbeda-beda menerapkannya.

    Komentar oleh riko zatia | 3 Maret 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: