Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Kekeringan di NTT Akibat Pemanasan Global

Kupang -Kepala Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana Kupang Prof Dr Fred Benu MSi mengatakan kekeringan yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur saat ini akibat pengaruh dari pemanasan global.
“Curah hujan yang sangat minim tahun ini di wilayah NTT merupakan dampak dari pemanasan global sehingga menimbulkan gagal tanam dan gagal panen bagi para petani kita di wilayah provinsi kepulauan ini,” kata Benu di Kupang, Senin, terkait dengan kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah NTT tahun ini.
Ia menjelaskan proses pemanasan global ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama, namun dampak pemanasan ini baru mulai dirasakan saat ini di sebagian besar wilayah NTT.
“Hampir semua petani di wilayah NTT mulai merasakan dampak kekeringan. Curah hujan yang minim tahun ini juga menyebabkan ancaman gagal panen hampir di semua daerah di provinsi kepulauan itu,” katanya.
Bahkan, kata Benu, stok pangan di lumbung petani bisa dipastikan tidak cukup hingga musim tanam tahun berikutnya.”Curah hujan yang sangat minim tahun ini merupakan dampak dari pemanasan global. Proses pemanasan global ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama, namun dampak pemanasan ini baru mulai dirasakan saat ini,” katanya.
Menurut dia, pada masa lalu, pemanasan global sudah terjadi, namun dengan frekuensi kecil dan dampaknya juga kecil tetapi aktivitas pemicu terjadinya pemanasan global terus dilakukan antara lain penebangan hutan yang tidak terkendali dan penggunaan gas yang menyebabkan efek rumah kaca serta lainnya.

3 Mei 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: