Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Awasi Kegiatan Agama = Pelanggaran HAM

JAKARTA – Kebijakan baru aparat kepolisian dalam mempersempit ruang gerak teroris, dengan cara pengawasan ekstra terhadap kegiatan keagamaan umat Islam, dinilai berpotensi melanggar hak asasi manusia (HAM) menyangkut kebebasan umat beragama dalam menjalankan ibadah.
“Kalau tidak terukur, saya yakin ini berpotensi menjadi bentuk pelanggaran HAM. Harus diterangkan dengan jelas, ini khusus untuk informasi yang terkait dengan terorisme,” ungkap Komisioner Komnas HAM Nur Kholis saat berbincang dengan okezone melalui telepon, Minggu (23/8
/09).
Menurut Nur Kholis,akan lebih tepat jika kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk monitoring, bukan pengawasan. Pengawasan, kata dia, akan dimaknai reaktif oleh publik.
“Beribadah merupakan hak masyarakat. Yang dikhawatirkan, nantinya polisi akan menyetop berbagai kegiatan. Kalau monitoring kan sebatas menggali informasi di lapangan. Kalau pun nanti ada tindakan lain dari Polri, tentu setelah data terkumpul,” paparnya.
Majelis Ulama Indonesia (MUI), juga sempat bereaksi keras atas kebijakan polisi mengawasi pengajian umat Islam selama Ramadan ini. MUI khawatir langkah itu akan menimbulkan keresahan dan saling curiga di kalangan masyarakat.
Menurut MUI, selama ini tidak ada ceramah yang menganjurkan orang melakukan terorisme apalagi selama bulan Ramadan. Semua ceramah dan kegiatan keagamaan, semuanya bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada
Allah.
Kalaupun polisi hendak melakukan pengawasan, MUI menyarankan agar fungsi ini di-handle langsung oleh intelijen, tanpa mengumumkannya kepada publik.
Okezone

24 Agustus 2009 - Posted by | Agama | , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: