Erens's Blog

Cuma Berekspresi doang!

Nasrani Musyrik dan Memusuhi Islam?

Tanggapan ini saya buat saat menanggapi:

Yahudi Musyrik Nasrani dan Permusuhan Terhadap Umat Islam
pada http://ayatquran.wordpress.com

Inti dari tanggapan berikut ini adalah Saya berharap kita semua bisa membuang hal-hal yang menghilangkan sifat mulia nurani kita.
Kebencian bukanlah suatu kebanggaan yang perlu kita kedepankan untuk mengotori hakekat kemanusiaan kita.

Sebaiknya anda kunjungi dulu alamat diatas untuk memahami tanggapan saya ini, yang juga menanggapi beberapa tanggapan disana.

Dari ayat-ayat Quran diatas mestinya kita bisa membuktikan bahwa siapa sebenarnya yang berusaha menciptakan musuh dengan terus-terusan mencurigai pihak lain tanpa landasan yang objektif. Dan ini sangat tertanam pada umat Muslim sehingga bisa saja menjadi tidak toleran maupun tulus pada pihak lain itu.

Adalah jahat bila dengan seringnya tkw indonesia diperkosa di Arab sana lantas saya berasumsi dan berkata ‘orang Arab itu tukang perkosa’, belum tentu juga semua orang itu demikian, dan yang percaya kata-kata saya tentang ‘orang Arab itu tukang perkosa’ paling-paling orang yang sangat naif, kalo tidak mau dibilang dungu, dan adalah jahat karna saya berkata demikian, itu bisa dikatakan pemfitnahan, artinya saya tulang fitnah.

Kembali ke ayat-ayat tadi, ironisnya justru tidak ada ayat-ayat yang ada atau memperbolehkan umat nasrani membenci pihak lain di dalam Injil.
Bahkan Kristus sendiri di dalam injil tsb memberi contoh bagaimana hidup dengan kasih pada sesama, bahkan pada orang-orang saat itu yang menyiksa hingga niat membunuh dia pun di doakan dengan kata: Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.
Di dalam Injil hukum yang terutama dan utama adalah mengasih Allah dengan segenap jiwa dan raga dan mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri. Mengasihi sesama manusia itu tanpa terbatas, bahkan sekalipun dia itu adalah yang memusuhi kita dan sekali lagi itu dicontohkan Kristus dalam kehidupannya.
Musuh dalam ajaran Kristus, inti adala Iblis, yang bisa merasuki hati dan pikiran manusia untuk membuat manusia tidak lagi punya rasa kasih karena suatu alasan. Alasan-alasan untuk saling tidak mengasih itu akan terus ditonjolkan iblis demi mengacaukan bahkan memusnahkan ciptaan Allah (manusia) oleh manusia itu sendiri.

Jadi saya pikir ayat-ayat yang justru menciptakan kebencian, permusuhan atau sekedar mencurigai secara membabi buta mestinya dikesampingkan demi kemuliaan Allah itu sendiri. allah itu di katakan Maha Kasih, mana mungkin berlaku benci atau membunuh? Allah itu Maha Suci, bagaimana mungkin berbuat dan berpikiran kotor demi suatu alasan? Allah itu Maha Besar, bagaimana mungkin berlaku kerdil? Allah itu Maha Kuasa bagaimana mungkin dia tergila-gila pada puji-pujian atau bahkan pembelaan manusia yang kerdil ini?
Sekali lagi stop mencari dalil untuk paling mencurigai bahkan saling memusuhi atau malah saling membunuh.

Cobalah lihat anak-anak kecil yang tulus bisa bergaul tanpa pandang bulu (tentu saja hanya untuk anak-anak yang belum dikotori dengan ajaran kebencian pada orang yang tidak sesama agama kita).

Maaf bila berbeda, jangan picik untuk memandang perbedaan sebagai permusuhan. Makasih atau mau merenungi ini.

Nb. Maaf, saya tidak menghafal Injil maupun Quran, juga bukan ahlinya, tapi saya pernah membaca Injil beberapa kali secara keseluruhan, Injil tsb saya pinjam. Sedangkan Quran saya punya tapi tidak dihafal.
Bila ada yang paham mohon disempurnakan, trims.

4 Desember 2008 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , , , , , ,

38 Komentar »

  1. Aku punya kakak sepupu, ada yang islam maupun protestan, mereka sudah berkeluarga serta punya anak. Memang ada perbedaannya selama bersama mereka. Yang protestan cenderung terbuka serta polos dalam pergaulan keluarga kami, maksudku terhadap keluarga lain yang islam mereka sangat toleran begitu saja. Sedangkan sedangkan keluarga yang muslim terhadap mereka justru tidak setoleran itu. Memang terkadang merasa gimanalah, aku justru merasa nyaman dilingkungan sepupu yang protestan itu mungkin karena aku sangat menghormati mereka ya? Apakah aku punya bawaan nasrani ya?
    Sering aku teramat jenuh mendengar kelakuan teroris yang jahat seenaknya, malas dengar dan lihat mereka.

    Komentar oleh Bram | 4 Desember 2008 | Balas

  2. sekedar tambahan :

    terus terang terkadang saya bingung bercampur ngeri, suatu waktu saya mendengar seorang ustad berceramah di sebuah mesjid, lalu ustad itu bersumpah dan berdoa ke pada ” Allah ” supaya Amerika serikat ( kafir ) itu di beri azab dan dihukum karena mereka ( AS ) adalah setan laknat. lalu saya berfikir ada apa ini knp kok muslim itu sangat membenci AS atau non muslim , apakah itu memang ajaran Islam, yang katanya rahmat bagi seluruh bumi ?

    didalam ajaran kristus, jelas – jelas hal2 tsb sangat bertentangan krn kita diajarkan untuk saling mengasihi antar sesama, dan kita tidak boleh membalas kejahatan dengan kebaikan, apabila kita dijahati seseorang kewajiban kita adalah membawanya kedalam doa, minta kepada Tuhan agar orang tersebut dimaafkan dan dibuka pintu hatinya sehingga orang tsb menyadari perbuatannya yang salah.
    thanks, semoga bermanfaat…

    Komentar oleh Uppat pajal | 4 Desember 2008 | Balas

  3. ralat :

    membalas “kejahatan dengan kejahatan “

    Komentar oleh Uppat pajal | 4 Desember 2008 | Balas

  4. ralat :

    “kejahatan dengan kejahatan “

    Komentar oleh Uppat pajal | 4 Desember 2008 | Balas

  5. Al Quran : (2) Al Baqarah : Ayat 62

    Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. 2:62)

    Al Quran : (3) Ali ‘Imraan : Ayat 113

    Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang). (QS. 3:113)

    Al Quran : (3) Ali ‘Imraan : Ayat 199

    Dan sesungguhnya diantara ahli kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada Allah dan mereka tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. Mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya. Sesungguhnya Allah amat cepat perhitungan-Nya. (QS. 3:119)

    Komentar oleh ayatquran | 4 Desember 2008 | Balas

  6. Aku sangat setuju sama penulis blog ini, agama mestinya menjadi wadah yang baik bagi umat agama tsb untuk dipoles dari manusia yang tak beradab menjadi manusia yang beradab. Jangan sampai justru agama menjadi sarang kumpulan penyamun yang tidak tau bekas kasihan terhadap manusia lain yang justru menjadi penyebar ketakutan atau kejahatan lainnya bagi orang lain.

    Komentar oleh Balta | 4 Desember 2008 | Balas

  7. Top banget buat mas erensdh, maju teruuus!!

    Komentar oleh Nur | 4 Desember 2008 | Balas

  8. Tadinya kita sangka kristen mengajarkan penganutnya untuk membenci atau memusuhi islam seperti yang ditanggapi dari ayatquran, ternyata tidak ya? Lantas mengapa nasrani mesti dibenci oleh pihak islam ya?

    Komentar oleh Made | 4 Desember 2008 | Balas

  9. Made yang baik, apakah anda pernah dengar orang kristen melakukan bom bunuh diri demi agama kristen? Tidak kan? Itulah bukti bahwa agama kristen tidak memusuhi siapa siapa termasuk umat Islam, seperti kata sdr erensdh diatas. Bagi Kristen mati sahid itu adalah mati demi mempertahankan ajaran Kristus bukan pergi perang lalu bila mati maka itu sahid. Fundamen Kristen adalah anti permusuhan terhadap sesama manusia ciptaan Allah. Fundamen Kristen itu tidak pernah boleh memusuhi, membenci, memfitnah serta membunuh, bahkan menghakimi sesama manusia pun tidak boleh. Mengatakan orang dengan mengatakan dia “kafir” pun tidak boleh. Begitu pak Made.

    Komentar oleh Samuel | 4 Desember 2008 | Balas

  10. Saya bukan nasrani dan tidak tau isi injil itu seperti apa, tapi saya salut atas tulisan pendek ini, bagus dan saya kira cukup santun.
    Dialog sesama anak bangsa sepertinya perlu kita galakan demi tercapainya suatu pemahaman yang serius. Sebab sudah tiba saatnya untuk sepenuhnya kita sadari bahwa kita tengah hidup dalam suatu akselerasi kemajuan teknologi yang luarbiasa dan dalam daerah sipil yang jauh dari kontak senjata yang selalu haus darah. Kita mesti sadar sesegera mungkin ini tempat damai yang mesti dipakai untuk arena perlombaan ilmu dan teknologi yang bersahabat dengan semua manusia terutama indonesia.
    Saatnya kita mesti malu untuk berlaku kasar yang mengandalkan fisik maupun senjata pemusnah manusia.
    Ini saatnya kita mengutamakan dialog pada segala situasi, dimana orang akan menjadi dewasa secara dewasa.
    Salam hormat buat anda: tulisan anda mestinya cukup bisa memahamikan orang yang pro maupun kontra. Saya dan teman-teman lainnya mendukung anda untuk kebaikan terutama bangsa kita dengan satu keinginan yakni MASUKAN KEBENCIAN KE LUBANG WC sebab tempatnya memang disana.

    Komentar oleh Toto | 5 Desember 2008 | Balas

  11. Saya bukan nasrani dan tidak tau isi injil itu seperti apa, tapi saya salut atas tulisan pendek ini, bagus dan saya kira cukup santun.
    Dialog sesama anak bangsa sepertinya perlu kita galakan demi tercapainya suatu pemahaman yang serius. Sebab sudah tiba saatnya untuk sepenuhnya kita sadari bahwa kita tengah hidup dalam suatu akselerasi kemajuan teknologi yang luarbiasa dan dalam daerah sipil yang jauh dari kontak senjata yang selalu haus darah. Kita mesti sadar sesegera mungkin ini tempat damai yang mesti dipakai untuk arena perlombaan ilmu dan teknologi yang bersahabat dengan semua manusia terutama indonesia.
    Saatnya kita mesti malu untuk berlaku kasar yang mengandalkan fisik maupun senjata pemusnah manusia.
    Ini saatnya kita mengutamakan dialog pada segala situasi, dimana orang akan menjadi dewasa secara dewasa.
    Salam hormat buat anda: tulisan anda mestinya cukup bisa memahamikan orang yang pro maupun kontra. Saya dan teman-teman lainnya mendukung anda untuk kebaikan terutama bangsa kita dengan satu keinginan yakni MASUKAN KEBENCIAN KE LUBANG WC sebab tempatnya memang disana.

    Komentar oleh Toto | 5 Desember 2008 | Balas

  12. Oo… Maksudnya yang suka mengobarkan kebencian itu pantasnya dia dimasukan ke wc? Hi bau! Berarti ustadz AB pelarian dari negara tetangga itu juga mesti di masukin ke wc juga dong? iih… dengar suaranya saja aku sudah mau muntah lho! Mestinya dia itu mengajarkan cinta kasih dan saling hormat pada anak didiknya agar punya budi pekerti yang luhur… Tapi dia kan warga asing yang mungkin disusupkan untuk mengacaukan indonesia. Buktinya negaranya sering memprovokasi kita ya?

    Komentar oleh Mus | 5 Desember 2008 | Balas

  13. Agama tdk pernah salah!umatnylah yg srng keblinger!
    saya sendiri adalah orang yg dbsrkn dlm toleransi yg tinggì krn stngh kelrg saya prtestan n stngh lg islam!
    Sy sndr islam!
    sy rs anda dan kwn2 yg menganggp bhw ìslam membenci kristen krn perintah quran sngt salah kaprah dan jujur saya tersinggung! dan itu menandakan kedangkalan ilmu tntng quran, dlm membaca quran selain arti ayat kita jg hrs membaca tafsir dan kalau bs jg hrs memgetahui sebab2 trnnya ayat quran,seperti contoh ayat dlm al bqrh mengenai azab trhdp orng kfr ini dtrnkan krn pemyiksaan orang kafir quraisy trhdp umat muslim dan pd intiny setiap ayat dlm quran mempnyai alasan atau sebab turunny ayat! jd jk ad umat muslim atau siapapun yg menyalahgunakan ayat qvran,maka orang itulah yg keblinger,AGAMA TDK PERNAH SALAH!!
    mengenai ajaran dlm injil yg penuh kasih sy tau itu krn saya sering bc injil,tp bclh injil kemudian bclh tafsir quran anda akan lihat quran adlh ktb yg plng memgndng ksh
    mengemai ajaran tntang ksh bhkan ajaran budha,tao dan konfusius jg sngtlah indah
    mengemai as!mrk sangt bremgsek!tp hrp dctt pemerintah AS lah yg bvsuk bkn rakyat as!
    kt sm2 taulah pemerintah AS sngt arogan!intervensi sana-sini,serang sana-sini,
    SOEKARNO BILANG “AS GO TO HELL”

    Komentar oleh r324 | 5 Desember 2008 | Balas

  14. Buat r324, makasih anda telah mengomentari disini.
    Soal benar atau salah tentang Quran maupun Injil itu bukan kapasitas saya untuk untuk mengatakannya, walaupun fakta naluriah, pasti akan saya nilai bobotnya seperti apa yang saya temui. Hal yang sama juga berlaku untuk agama, setiap orang secara naluriah akan menilainya.
    Terlepas dari nilai-menilai, salah-menyalahkan yang nyatanya ada pada diri kita yang tergambar pada berbagai blog yang bisa kita simak sendiri, saya, sekali lagi, pada awal tulisan saya, saya telah menganjurkan setiap pembaca agar mengunjungi dulu blog sumber yang saya tanggapi ini agar bisa memahami apa yang saya tulis sebab tulisan saya ini adalah tanggapan atas tulisan yang telah saya sebutkan di atas.
    Tulisan tanggapan diatas telah saya postkan ke blog tsb namun tampaknya tidak dimuat, setidaknya hingga saya tulis ini.
    Mengapa saya menanggapi? Karena saya prihatin, saja, dan itu tergambar pada tanggapan saya tsb.
    Buat r324, mohon ikuti saran saya untuk kunjungi dulu: http://ayatquran.wordpress.com/2008/12/01/yahudi-musyrik-nasrani-dan-permusuhan-terhadap-umat-islam/
    setelah itu baru baca tanggapan saya diatas.
    Makasih r324, sukses selalu buat anda.

    Komentar oleh erensdh | 5 Desember 2008 | Balas

  15. Dialog, dialog… Dialog itu sangat manusiawi dan penting. Hanya binatang doang yang teriak-teriak disertai kekerasan.

    Komentar oleh Jo | 7 Desember 2008 | Balas

  16. Jangan membunuh, jangan memfitnah, jangan bersaksi dusta..

    Komentar oleh Hamba Awloh | 8 Desember 2008 | Balas

  17. Forum-forum seperti inilah yang diharapkan menjadi perantara bagi kepentingan yang berbeda. Hasil dari dialog yang dewasa akan melahirkan pemahaman pada kedua belah pihak. Bila forum-forum sepeti ini diberangus maka tingal api dalam sekam. Oleh karena itu jangan pernah berhenti berdialog dan jangan takut berdialog. Terutama rakyat kecil yang justru sering menjadi tameng bagi kepentingan tokoh-tokohnya. Bila ada tokoh-tokoh yang ingin mematikan dialog dengan cara-cara tertentu maka kita seyogyanya berhati-hati dengan tokoh semacam itu.

    Komentar oleh Sriyati Ahmad | 9 Desember 2008 | Balas

  18. Kenapa saudara-saudara kita yang muslim selalu menganggap seperti itu, padahal faktanya justru kaum kristen yang selalu dizalimi oleh kelompok tertentu dari muslim, dan itu tanpa protes asas-apa, lalu kaum kristen lagi yang dicurigai?

    Komentar oleh Martin | 20 Desember 2008 | Balas

  19. Kenyataannya nasrani selalu memfitnah dan menzalimi kaum muslim, contohnya amerika dan negara-negara eropa lainnya.

    Komentar oleh Mad | 25 Desember 2008 | Balas

  20. Terbukti di Irak!

    Komentar oleh Jumadi | 25 Desember 2008 | Balas

  21. yaaa… saya gak mau bilang semua agama benar. pasti semua umat meyakini ajaranm agamanyalah yg paling baik…
    disini saya hanya ingin mengatakan. bahwa dalam islam tidak ada yang membenarkan kekerasan. yg ngomong soal ke2rasan hanya buta dan asal ngomong saja.
    coba kasih contoh islam menzalimi kristen.?????????? dalam islam tidak ada istilah kristenisasi atopun domba2 tersesat dalam islam tdk ada paksaan. semua karena keikhlasan diri manusia masg2.
    kalau ada yg blg islam ska ke2rasan?
    emangnya yg di israel itu namanya kasih???????????? malah gag punya perasaan sesama manusia. justru itulah yg namanya KEKERASAN TAK BERPERIKEMANUSIAAN..

    Komentar oleh iam a secret | 16 Januari 2009 | Balas

  22. Teman Muslim, agama Yahudi itu sangat berbeda dengan Kristen, sekalipun karya penyelamatan Kristus itu dimulai dari sana tapi kebencian terhadap Kristen itu justru dimulai dari sana juga, saya percaya kebencian terhadap Kristen itu jugalah yang diadopsi Quran sebab landasan Yahudi maupun Islam itu sama pada KEPENTINGAN KELOMPOK ORANG. YAKNI ISLAM PADA AGAMA ITU SENDIRI sedangkan YAHUDI PADA BANGSA ITU SENDIRI. Sedangkan KRISTEN PADA MANUSIANYA sebagai karya Allah yang tertinggi, sehingga tidak ada cerita kalau Kristen benci Muslim, tidak ada dasar ajarannya. Semogah saudara Muslim sekalian paham. Saya percaya bahwa penulis artikel diatas paham juga ke tiga agama besar ini, mohon saudara memberi penjelasan sehubungan dengan komentar-komentar terhadap artikel saudara ini. Salam kasih.

    Komentar oleh Lucy | 17 Januari 2009 | Balas

  23. Mas Erendsh ini muslim atau bukan? apapun agama anda jika anda membaca ayat Quran dan ingin mengetahui maksud dari ayat Quran tolong didampingi oleh ahli tafsir Quran. Jika anda membaca buku Who Are We? karya Samuel P Huntington dia mengatakan bahwa musuh utama Barat pasca Perang Dingin adalah Islam apakah didalam Quran pernah menyatakan bahwa agama diluar Islam adalah musuh? Quran hanya memberi warning kepada umat muslim dalam berinteraksi dengan umat agama lain agar berhati-hati agar kita tidak ikut-ikutan dengan gaya hidup mereka dan pemikiran mereka, jika masalah sosial Islam akan membantu siapa saja walaupun beragama lain tapi jika sudah berbicara masalah aqidah maka Islam dengan tegas mengatakan untukmu agamamu untukku agamaku. Apakah anda tidak melihat keadaan dunia akhir2 ini bagaimana AS menghancurkan Irak dan Afganistan dan Israel membunuhi anak2 dan wanita Palestina demi apa? kalau AS demi menegakkan Demokrasi katanya bukankah itu sudah sesuai dengan warning dari AlQuran. Umat Muslim hanya diminta berhati2 tapi apabila diserang maka kita akan membalas tapi dengan balasan yang setimpal. Untuk Uppat Pajal kalau anda ingin belajar Islam belajarlah kepada Ustad karena Islam tidak PERNAH mengajarkan membalas kejahatan dengan kejahatan. Untuk Samuel, saya hanya pernah mendengar AS dan Israel menggunakan bom cluster untuk membunuh umat muslim (sebagian besar rakyat sipil) di Irak dan Palestina dan maaf saya lebih suka istilah Kafir dari pada domba tersesat karena saya bukan hewan. Wassalam

    Komentar oleh NTMAKSIAT | 8 Februari 2009 | Balas

  24. seandanya semua orang memahami akan arti perbedaan….
    “PERBEDAAN ITU INDAH” mungkin kata-kata ini sering kita dengar bahkan mungkin pernah kita ucapkan, tapi pernahkah kita mencoba untuk menikmati perbedaan itu sendiri???

    Komentar oleh ivan | 24 Agustus 2009 | Balas

  25. Mengerikan juga bila memikirkan ada agama yang mengajarkan kebencian pada kelompok yang lain. Ini suatu bentuk ketidak adilan, dan sekaligus menunjukan ketidak rasionalan. Mungkin wajar bila ada kebencian itu, tapi mestinya itu ditujukan untuk sebuah sikap atau perkuatan, bukan pada kelompok. Misalnya saya terlahir sebagai Kristen, apakah itu berarti saya pantas mendapat sikap kebencian dari saudara-saudara yang Islam, sekalipun saya tidak melakukan suatu perbuatan yang tidak terpuji? Lalu pantaskah saya dipuji atau bahkan dikatakan pahlawan bila saya terlahir Islam yang bisa membunuh kaum kafir?

    Komentar oleh Roni | 27 September 2009 | Balas

  26. Sangat setuju, kita mesti bisa bedakan sifat kita yang penuh dengan berbagai macam kelemahan: serakah, munafik, egois, serta haus kekuasaan itu dengan Tuhan yang nahan kasih serta baik itu. Bila Tuhan jahat, apa bedanya dengan iblis? Bila Tuhan memerintahkan pembunuhan, apa bedanya dengan iblis? Mohon ini dipikirkan, salam.

    Komentar oleh Leonardo | 2 Oktober 2009 | Balas

  27. maaf untuk buat tmn2 nasrani dan agama lain
    dalam islam tdk pernah di ajarkan untuk membenci atau memushi agama lain dalam Islam ada ajaran yaitu agamamu adalah agamu agama ku adalah agama ku…. dr itu sudah jelas…. klo soal pemahaman itu sudah tergantung manusianya tih di barat pun bnyk org2 barat yg di dominasi oleh agama nasrani yg membenci umat islam dan menanggap rendah org islam jd buat tmn2 jgn liat cuma di Indonesia.. org nasrani menganggap org yg non nasransi sebagai domba2 tersesat dan melakukan pengginjilan kpn umat islam ini uda bnyk terjadi di indonesia dgn cara memberikan sembako dll… apakah ini cara kita sebagai umat manusia yg di katkn saling menghargai? apakah ini cara kaum nasrani yg selalu blg selalu menghormati? saya kira kita tdk bs mengatakan agama yg mengajarkan ini tp manusia2nya lah yg kurang ajar…Islam tdk pernah mengajarkan untuk memushi krn Islam adalah agama toleran bung.. klo tmn2 nasransi di Indonesia merasa diskriminasi sbnrnya diskriminasi sprti apa? toh di Indonesia juga bnyk umat islam yg merasa di diskriminasi oleh tmn2 nasrani… apalagi di dunia barat itu sangt parah negara2 yg selalu blg HAM tp sbnrnya lebih buruk. sprti di perancis di lrng menggunakan simbol2 agama apa ini sebuah HAM tdk kan? klo soal AS Dan Israel ya kita sama2 tau lah AS itu sprti apa demokrasi sesai keinginan dia pdhl demokrasi itu hrs sesuai dgn keadaan masyrakat itu sndri.. buat Tmn2 nasrani jgn tellau merasa klo kalian di dsikriminasi lah coba ;liat di dunia luar keadaan sprti apa? sekali lg saya blg Islam tdk mengajarkan org utk membenci umat lain kita saling menghargai sajalah bung jgn krn org perorg trus di katakan agamanya… salam damai…..

    Komentar oleh hitler | 9 Oktober 2009 | Balas

  28. Apapun pembelaan saudara-saudara yang beragama muslim terhadap agamanya yang dikatakan sebagai agama damai, mungkin tidak akan habis-habisnya kita bertengkar.. Mari kita lihat fakta selama ini, agama mana yang membolehkan membunuh untuk menegakkan agama itu? Agama mana yang membuat penganutnya bangga membunuh sekalipun lalu dia ikut mati bersama? Agama mana yang mendorong umatnya mau lakukan bom bunuh diri?

    Komentar oleh Nn | 9 Oktober 2009 | Balas

  29. gw ngakak liat muslim2 sini..
    baca dulu qurannya sampe habis..bunuh lah mereka yaitu yang memegang alkitab!ad tertulis d quran loe,perangi kafir,dan masi byk lg..
    laskar jihad itu adalah kelompk yang khusus membantai nasrani..seorang muslim dari kecil sudah di ajarin untu memusuhi nasrani,tapi tidak tau alasannya mengapa harus memusuhi mereka..ini adalah kesaksian dari ali markus,mantan laskar jihad FPI..

    amerika serang irak karena apa??karena soal agama?adkah muslim sana d bantai tentara as?malahan mereka mati gara2 BOM bunuh diri kelompok al-qaeda,buka donk mata kalian muslimmmmmmm!!??
    israel serang palestin gara2 apa?gara2 agama atau soal politik?tolong buktikan d sini..

    bayangin saja laskar jihad bs buat bom aja ud gtu bahaya,apalg ud bisa buat nuklir,ckckckck barat tenggelam pun bs..kita y d indo habis semua jg bisa,ngeri ajaran ini,udah dari sononya d ajarkan perangi/musuhi kafir dan nasrani,ckckckck jahatnyaaaaa…

    klo islam tidak mengajarkan demikian untuk apa kita protes??lihat budha,tidak pernah ad konflik trhdap mereka sepanjang zaman,karena jelas agama mereka sangatlah d larang membunuh,bahkan hewan pun tidak boleh di bunuh,ckckck salut jg ma budha..

    Komentar oleh Johan | 10 Oktober 2009 | Balas

  30. sekali lg gw tegasis islam tdk mengajarkan untk menyerang tp untuk membela diri, yg terjadi skrg kelompok2 sprti al-qaeda yg dgn menggunakan islam sbg tameng pdhl tdk sama sekali…. khususnya di Indonesia org2 yang melakukan pengeboman itu salah besar bung itu bukan jihad tp itu ketololan, gw kira tmn2 yg begitu takut dan phobia terhadap Islam, kami tdk di ajarkan untuk membunuh bung sedari kecil saat kami mulai kenal al-qur’an, dn dalam al-qur’an jihad dalam hal berperang itu dilakukan dlm keadaan perang dan untuk membela diri krn manusia pnya harga diori dn hak asasi utk beribadah.
    klo ali markus itu kan org bodoh aja… bung kami islam juga bgenci ama FPI dan laskar Jihad jgn di lihat dr kelompok2 itu bung mayoritas muslim di Indonesia juga menentang mereka……

    Komentar oleh hitler | 12 Oktober 2009 | Balas

  31. Percuma saja mas Hitler menerang2kan pada sodara2 kita non muslim bahwa islam itu damai, dll dll dengan seabreg ayat seabreg hadist. Sedangkan di lain pihak sebagian sodara2 kita yang muslim ngebam-ngebom sana sini, bikin intimidasi, jargon-jargon kebencian, dll.
    Sudahlah Mas Hitler, beginilah nasib jadi mayoritas, jangankan yang tukang-tukang ngebom, sedangkan pencopet sampai tukang korupsi saja kebanyakan orang islam.
    Kembalikan kans kita di sini sebagai Warga Negara Indonesia yang baik. jauhi pertentangan antar agama. Jauhi salah menyalahkan antar umat beragama. Lihat dulu kesalahan kita, baru melihat kesalahan orang lain. Kita hidup di sini di bawah hukum positip Indonesia. Sudah ada pasal-pasal perundang-undangannya. Sudah ada lembaga-lembaga yang berwenang menanganinya.
    Kalau mau membalas “tindakan jahat” amerika dll di afganishtan, irak, atau manapun juga, ya lebih baik ke sana aja, atau langsung ke amerika, bisa langsung bener-bener mengenai sasaran.
    Dakwah islam ke Indonesia dirintis dengan sangat damai, lewat kebudayaan, perdagangan, jabat erat penduduk asli dengan tanpa pertikaian fisik. Mbok ya tradisi damai seperti itu dilanggengkan dan dilestarikan. Walaupun tata cara dakwah yang damai itu pun akhirnya dianggap sinkretis atau malah musyrik.
    Terserah bagaimana Tuhan nanti mau menakdirkan bagaimana perjalanan bangsa dan tanah air tercinta ini.
    salam damai selalu.

    Komentar oleh ariefmas | 13 Oktober 2009 | Balas

  32. Maaf untuk erensdh, saya nggak perlu baca artikel yang ditanggapi Erensdh, lihat judulnya saja sudah bisa membayangkan bagaimana isinya.
    Walaupun sok ngomong agama, sok ngomong politik, sok ngomong hukum, tapi kenyataannya saya ini petani dan juga peternak, tidak ada kompetensi dan dasar profesi untuk ngomong itu semua, dus juga tidak ada konsekuensi apapun jadi bebas ngomong. Butuh saya sederhana kok, panenan bisa laku jual, dan hasil ternak juga cukup menjadi nafkah hidup, sukur2 lebih, bisa buat beramal dan menabung.
    Salam damai petani Indonesia.

    Komentar oleh ariefmas | 13 Oktober 2009 | Balas

  33. @ariefmas: ga mas saya bukan mw sprti apa saya cinta negara ini tp klo agama sduah di pelintir dan org yg tidak paham trus berbicara seolah2 paham dan menyudukna agama tertentu itu saya tentang mas, bukan mslaha mayoritas atau minoritas.. klo personal dn kebetulan org itu berbuat jahat apa ia agamanya yg di salahkan? apa iya ajaran agamanya yg di salahkan? klo melihat dr sudut lain di luar negeri yg mayoritas nasransi khusunya di dunia barat cTH: di meksiko, kolombia, kuba yg rata2 adalah pemeluk katolik roma dmana gembong narkoba, pelacuran trus perjudian apa ia yg di salahkan agama katolik romanya bukan personal ini yg saya ingin tunjukin ke tmn2 non muslim buka pikirannya jgn krn meliht indonesia mayoritas muslim trus penjahatnya bnyk muslim trus Islamnya yg di salahkan….
    dan bung erensdhs saya lihat sebagai penulis yg tdk obyektif tp subjektif.. sory klo gw ngomong kaya gini krn itu yg gw liat. klo kkita mw hidup damai ya sama2 lah saling hormat-menghormati saling toleran hidup akian indah buat tmn2 nasrnasi bacalah tulisan frans magnis di kompas tgl 10 oktober kmrn tentang upaya damai dan saling hormat menghormati antar agama… apakah ia benar kata nietsche Tuah telah mati dan agama hanya lah racun……………

    Komentar oleh hitler | 13 Oktober 2009 | Balas

  34. @nn+johan dll : jgn karena rusak padi seikat sawah sepetak dibakar ! Didunia ini teroris/maniac/psikophat gak hanya dr kaum muslim .. Dan mereka melakukan hal2 yg menurut kita biadab hanyalah berdasarkan keyakinan mereka masing2 bkn mewakili sebentuk agama secara keseluruhan ! Yg mana mrk sdh sgt keliru dlm menginterprestasikan ajaran2Nya ! Tdk ada agama apapun yg mengajarkan/mengijinkan utk membunuh siapapun ! Kaum muslim jg jd korban dlm hal ini .. Kita sehrsnya jg mampu memilah dgn jln pikiran yg lbh luas ! Bkn malah membanggakan kepercayaan yg kita yakini seolah2 lbh baik dr yg lain ! Lantas apa bedanya kita dgn mrk jika yg kita rasakan hanyalah “kita adalah kebenaran kalian kebathilan” .. Dan sekedar info saya bkn muslim

    Komentar oleh Bapake Ony | 14 Oktober 2009 | Balas

  35. Sebenarnya kalo dipikir2 kita harus intriopreksi duli.
    Sebab pada waktu perang salib banyak kaum nasarani yang mati.Padahal mereka datang ke yerusalem hanya untuk beribadah seperti selayaknya orang islam datang ke mekah utk beribada.Dan akhirnya banyak kaum Nasrani yang dibunuh di sana.Padahal mereka hanya utk beribadah,lalu bagaimana jika kaum muslim dilarang utk ke mekah?bagaimana perasaanya???
    sedih bukan.
    Maaf comment ini dtg dr hati nurani saya sebab akhir2 ini knp kaum muslim n kaum kristiani selalu timbul konflik.
    Bukankanh perdamaian itu lebih baik.

    Komentar oleh Muhammad Qoirul | 7 November 2009 | Balas

  36. apapun agamanya sseorang pasti mati,tinggal bagaimana org trsbt menyikapi mati artinya apakah mati itu raib tanpa bekas atau pindah ke alam lain dgn membawa semua hal2 baik ataupun yg tdk baik.
    Org yang menganggap agama adlh organisasi dgn tuhan sebagai pemimpin tertinggi,kitab2 sbgai landasan dan pembawax sbgai
    nabi atau anak sang pemimpin tertinggi,maka orang2 trsbt akan sperti kalian dan pemilik BLOG ini,berdebat tanpa hasil.

    Komentar oleh Anonymous | 16 Februari 2010 | Balas

  37. sblumnya sya mnta maf….bknnya sya ingn mnjlk2kan agma tp stelah sy bca tnggapan tman2 sperti mas johan , mas made dn yg laennya mnurut sya itu slah..ingat bagimna da asap klw ga da api….
    apa prnah da skumpulan orng islam mmbnuh umat kristen yng sdang bribadah…????pa prnah dngar greja dhncurkan olh umt islam dmi kpntngan pribadi,,,,????yg sya sring sya dngr pmbantaian umat islam dibrbagai plosok
    gmna dngan ksus poso orng kristen mmbntai abis umat islam….dngan ksus diflores pra alim ulma dsrang dan dbnuh dan mnghancrkan msjid2 olh skmpulan orang yg mngaku lskar kristus…..trus yg serangan israel kplestin tuch apa…ank2 kcil, ibu2 hbis dbantai dbnuh bahkn dsksa apkah tuh yg dnmakan cnta ksh…
    bnyak fkta2 yg dtu2pn msalnya pengboman oklahoma city pda tgl 19 april 95 dluar kntor fderal amerika blang irak brada dblik musbah itu tp tuch slah…bka situs http://www.thisislondon.co.uk/news/articels/1678779….

    Komentar oleh secret | 7 Mei 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: